Tujuan Mempelajari Pelajaran Aqidah Akhlak dan Ruang Lingkupnya.
Pada kesempatan ini kami akan berbagi Tujuan Mempelajari Pelajaran Al-Qur'an-Hadits dan Ruang Lingkupnya.
Mata pelajaran merupakan materi bahan ajar berdasarkan landasan keilmuan yang akan dibelajarkan kepada peserta didik sebagai beban belajar melalui metode dan pendekatan tertentu.
Pada bagian ini madrasah mencantumkan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang akan diberikan kepada peserta didik.
Berikut Penjelasan Tujuan Mempelajari Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah.
Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah bertujuan :
a) Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, adan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan serta pengalaman peserta didik tentang akidah Islam sehingga menjadi manusia yang muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT.
b) Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak terceladalam ehidupan sehari-hari baik dalm kehidupan individu maupun social, sebagai manifestasi dari ajaran dan nilai-nilai akidah Islam.
Ruang lingkup mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Tsanawiyah meliputi:
a. Aspek akidah terdiri atas dasar dan tujuan akidah Islam, sifat-sifat Allah, al-asma' al-husna, iman kepada Allah, Kitab-Kitab Allah, Rasul-Rasul Allah, Hari Akhir serta Qada Qadar.
b. Aspek akhlak terpuji yang terdiri atas ber-tauhiid, ikhlaas, ta’at, khauf, taubat, tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur, qanaa’ah, tawaadu', husnuzh-zhan, tasaamuh dan ta’aawun, berilmu, kreatif, produktif, dan pergaulan remaja.
c. Aspek akhlak tercela meliputi kufur, syirik, riya, nifaaq, anaaniah, putus asa, ghadlab, tamak, takabbur, hasad, dendam, giibah, fitnah, dan namiimah.
a) Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, adan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan serta pengalaman peserta didik tentang akidah Islam sehingga menjadi manusia yang muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT.
b) Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak terceladalam ehidupan sehari-hari baik dalm kehidupan individu maupun social, sebagai manifestasi dari ajaran dan nilai-nilai akidah Islam.
Ruang lingkup mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Tsanawiyah meliputi:
a. Aspek akidah terdiri atas dasar dan tujuan akidah Islam, sifat-sifat Allah, al-asma' al-husna, iman kepada Allah, Kitab-Kitab Allah, Rasul-Rasul Allah, Hari Akhir serta Qada Qadar.
b. Aspek akhlak terpuji yang terdiri atas ber-tauhiid, ikhlaas, ta’at, khauf, taubat, tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur, qanaa’ah, tawaadu', husnuzh-zhan, tasaamuh dan ta’aawun, berilmu, kreatif, produktif, dan pergaulan remaja.
c. Aspek akhlak tercela meliputi kufur, syirik, riya, nifaaq, anaaniah, putus asa, ghadlab, tamak, takabbur, hasad, dendam, giibah, fitnah, dan namiimah.
Post a Comment for "Tujuan Mempelajari Pelajaran Aqidah Akhlak dan Ruang Lingkupnya."
Jangan nyepam ya !