Situs Perangkat K13 dan Modul Ajar Kumer

Selamat datang di situs DUNIA PENDIDIKAN, semoga terjalin tali silaturrahim antara kita. Selain berbagi lewat blog atau website, kami juga berbagi lewat channel youtube "DUNIA PENDIDIKAN". Oleh karena itu, mari kita dukung dengan cara like, subscribe, comment dan share. Terima kasih atas kunjungannnya.

Inilah 10 Negara Dengan Pendidikan Terbaik di Dunia.


Selamat datang para peserta didik MTs NW Boro' Tumbuh di blog Dunia Pendidikan, semoga tetap dalam lindungan Allah SWT dari Covid 19 ini.

Pada kesempatan ini, kami berbagi artikel tentang 10 Negara Dengan Pendidikan Terbaik di Dunia.

Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Sistem pendidikan menjadi salah satu alat ukur kemajuan sebuah negara. Banyak negara yang berlomba-lomba membuat pendidikan terbaik untuk bisa mencapai standar negara maju. Pendidikan memang jadi faktor penting untuk kemajuan dan perkembangan sebuah negara. Beberapa penelitian mengenai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia diadakan setiap tahun. Salah satunya penelitian dari The Social Progress Imperative yang menyajikan data tentang 10 negara dengan pendidikan terbaik.

1. Korea Selatan
Negara-negara Asia juga sedang berlomba-lomba meningkatkan sistem pendidikan salah satunya adalah Korea Selatan. Menurut penelitian yang dilakukan tahun 2016, Korea Selatan berhasil menyalip Jepang yang juga dikenal sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik. Saat ini Korea Selatan memang mempunyai sistem pendidikan yang cermat dan keras, siswa di sana bahkan tak sempat merasakan hari libur. Banyak sekolah yang mewajibkan siswanya untuk masuk 7 hari dalam seminggu.

2. Jepang
Pendidikan di Jepang memang sudah lama menjadi bahan perbincangan salah satunya cara mendidik siswa di tingkat sekolah dasar dan taman kanak-kanak. Selain itu sistem pendidikan Jepang berbasi teknologi menjadikan negara ini menjadi salah satu negara dengan pendidikan maju dan lulusannya bisa bersaing.

3. Singapura
Singapura negara tetangga yang memiliki sistem pendidikan tinggi ini juga sudah dikenal baik. Walaupun negaranya kecil, Singapura memiliki sistem pendidikan yang sangat bagus. Salah satu fokus dari pendidikan di Singapura adalah pendidikan dasar yang dibangun sejak dini. Singapura rasanya sudah pantas mendapat predikat negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

4. Hong Kong
Sistem pendidikan di Hong Kong kebanyakan mencontek atau mengikuti sistem di Inggris. Fokus pendidikan di Hong Kong adalah pendidikan yang berbasis fakta yang sesuai dengan kebutuhan yang ada di lapangan. Tingkat literasi atau melek huruf di Hong Kong juga sangat tinggi dan hal ini bisa dijadikan salah satu parameter negara maju.

5. Finlandia
Sistem pendidikan di Finlandia sudah lama menduduku peringkat pertama di berbagai survei dan penelitian tentang sistem pendidikan. Sistem pendidikan Finlandia di penelitian yang dilakukan oleh The Social Progress Imperative hanya menduduki posisi kelima. Hal ini disebabkan oleh beberapa kebijakan pemerintahnya salah satunya adalah tidak ada lagi program kuliah gratis. Walaupun begitu sekolah di Finlandia masih bebas biaya karena menjadi tanggung jawab pemerintah.

6. Inggris
Di Inggris memiliki sistem otonomi daerah yang juga berpengaruh pada sistem pendidikannya. Walaupun memiliki kebijakan yang berbeda sistem pendidikan di Inggris masih termasuk yang terbaik di dunia.

7. Kanada
Sama seperti negara maju lainnya Kanada juga sangat memperhatikan pendidikan anak usia dini. Kualitas pendidikan dengan sistem yang maju dan terintegrasi ini juga menjadikan lulusannya sangat kompetitif di dunia kerja.

8. Belanda
Belanda sebenarnya memiliki beberapa kekurangan terutama dari sisi kebijakan yang diatur oleh negara. Saat ini Belanda memiliki kurang memperhatikan perencanaan dan manajemen di negaranya. Selain itu Belanda juga masih kalah jauh soal investasi pendidikan.

9. Irlandia
Semua sekolah di Irlandia gratis dan tingkat melek huruf mencapai angka 99%. Kedua faktor ini tidak menjamin peringkat di penelitian ini.

10. Polandia
Investasi di bidang pendidikan memang enggak main-main, Polandia bahkan menempati peringkat 4 di negara Eropa dan ke 10 di dunia. Model dan sistem pendidikan yang dirancang oleh pemerintah menjadi negara ini memiliki sistem pendidikan yang paling baik di dunia.

Bagaimana dengan sistem pendidikan di Indonesia? 
Rasanya kualitas pendidikan di Indonesia masih jauh dari kata cukup, sistem pendidikan di Indonesia masih banyak permasalahan yang belum menemukan solusi. Semoga saja secepatnya kita bisa menyusul sistem pendidikan terbaik di dunia. Walaupun perlu waktu yang cukup lama, sistem pendidikan Indonesia memerlukan perubahan yang signifikan untuk mengejar ketertinggalan.
Labels: DOKUMEN, INFO GURU

Thanks for reading Inilah 10 Negara Dengan Pendidikan Terbaik di Dunia.. Please share...!

0 Comment for "Inilah 10 Negara Dengan Pendidikan Terbaik di Dunia."

Jangan nyepam ya !

Back To Top