Situs Perangkat K13 dan Modul Ajar Kumer

Selamat datang di situs DUNIA PENDIDIKAN, semoga terjalin tali silaturrahim antara kita. Selain berbagi lewat blog atau website, kami juga berbagi lewat channel youtube "DUNIA PENDIDIKAN". Oleh karena itu, mari kita dukung dengan cara like, subscribe, comment dan share. Terima kasih atas kunjungannnya.

Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Tentang Teks Cerita Sejarah/Novel Sejarah.

Pada kesempatan ini, kami berbagi Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Tentang Teks Cerita Sejarah/Novel Sejarah.

Tujuannya memudahkan para peserta didik dalam menjawab soal sebagai persiapan dalam menghadapi ujian yang akan datang.

Berikut Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Tentang Teks Cerita Sejarah/Novel Sejarah:

Kunci Jawaban
1. B
2. D
3. C
4. D
5. A
6. C
7. D
8. A
9. C
10. D
11. B
12. E
13. A
14. C
15. D

Kunci Jawaban Soal Uraian
1. Struktur teks cerita sejarah
Sruktur Teks Cerita/Novel Sejarah:

a. Pengenalan situasi cerita (ekspostion, orientasi)
Dalam bagian ini, pengarang memperkenalkan latar cerita baik waktu, tempat maupun peristiwa. Selain itu, orientasi juga dapat disajikan dengan mengenalkan para tokoh, menata adegan, dan hubungan antartokoh.

b. Pengungkapan peristiwa
Dalam bagian ini disajikan peristiwa awal yang menimbulkan berbagai masalah, pertentangan, ataupun kesukaran-kesukaran bagi para tokohnya.

c. Menuju konflik (rising action)
Terjadi peningkatan perhatian kegembiraan, kehebohan, ataupun keterlibatan berbagai situasi yang menyebabkan bertambahnya kesukaran tokoh

d. Puncak konflik (turning point, komplikasi)
Bagian ini disebut pula sebagai klimaks. Inilah bagian cerita yang paling besar dan mendebarkan. Pada bagian ini pula, ditentukannya perubahan nasib beberapa tokohnya. Misalnya, apakah dia kemudian berhasil menyelesaikan masalahnya atau gagal.

e. Penyelesaian (Evaluasi, resolusi)
Sebagai akhir cerita, pada bagian ini berisi penjelasan ataupun penilaian tentang sikap ataupun nasib-nasib yang dialami tokohnya setelah mengalami peristiwa puncak itu. Pada bagian ini pun sering pula dinyatakan wujud akhir dari kondisi ataupun nasib akhir yang dialami tokoh Utama.

f. Koda
Bagian ini berupa komentar terhadap keseluruhan isi cerita, yang fungsinya sebagai penutup. Komentar yang dimaksud bisa disampaikan langsung oleh pengarang atau dengan mewakilkannya pada seorang tokoh.

2. Analisis Kebahasaan teks cerita sejarah
kebahasaan teks cerita sejarah meliputi kata sifat, kata kerja tindakan,  kalimat langsung, dan kalimat bermakna lampau.
a. kata sifat: bodoh, lemah, rendah budi, penakut, dan sebagainya.

b. kata kerja tindakan: memandang, berkata, menghadap, dan sebagainya.

c. kalimat langsung: Sang Prabu Kertarajasa berkata halus, “ Kakang Ronggo lawe, tindakanku mengangkat kakang Nambi sebagai patih hamangkubumi, bukanlah merupakan tindakan ngawur belaka….”

d. Kalimat bermakna lampau: “…tindakanku mengangkat kakang Nambi sebagai patih hamangkubumi, bukanlah merupakan tindakan ngawur belaka, melainkan telah merupakan suatu keputusan yang telah dipertimbangkan masak-masak, bahkan telah mendapatkan persetujuan dari semua paman dan kakang senopati dan semua pembantuku….”

Demikian, semoga bermanfaat.
Labels: BANK SOAL, KUNCI JAWABAN

Thanks for reading Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Tentang Teks Cerita Sejarah/Novel Sejarah.. Please share...!

1 Comment for "Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Tentang Teks Cerita Sejarah/Novel Sejarah."

Kunci jawaban interpretasi isi teks cerita sejarah

Jangan nyepam ya !

Back To Top