Situs Perangkat K13 dan Modul Ajar Kumer

Selamat datang di situs DUNIA PENDIDIKAN, semoga terjalin tali silaturrahim antara kita. Selain berbagi lewat blog atau website, kami juga berbagi lewat channel youtube "DUNIA PENDIDIKAN". Oleh karena itu, mari kita dukung dengan cara like, subscribe, comment dan share. Terima kasih atas kunjungannnya.

Contoh Dokumen 1 Kurikulum 2013 (K-13) Tahun Pelajaran 2018/2019.


Pada kesempatan ini, kami berbagi Contoh Dokumen I Kurikulum 2013 (K-13) tahun pelajaran 2018/2019 sebagai pedoman program kerja wakamad bidang Kurikulum.

Dokumen I ini sangat penting dan besar peranannya bagi Madrasah atau Sekolah selama satu tahun. Dokumen ini menjabarkan semua kegiatan yang akan dilaksakan secara detail dan berkrlanjutan. 

Dokumen 1 ini berisi tentang profil Madrasah, standar kompetensi yang akan dicapai, struktur dan muatan kurikulum, Kurikulum muatan lokal, kegiatan pengembangan diri, kecakapan hidup (life skill), ketuntasan belajar, sistem penilaian, kreteria kelulusan ujian dan ujian negara, revisi dan pengembangan kurikulum, serta kalender pendidikan, dan silabus yang dikembangkan sesuai kondisi Madrasah.

Tim Penyusun kurikulum ini terdiri atas guru, konselor, dan kepala Madrasah yang bertindak sebagai ketua merangkap anggota. Didalam kegiatan penyusunan KTSP ini juga melibatkan Komite Madrasah, Pokjawas Kabupaten sebagai narasumber.

Penyusunan dokumen 1 kurikulum ini dilakukan dengan merujuk pada Permendikbud nomor 67 tahun 2013 tentang Struktur Kurikulum, Permendikbud nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses, Permendikbud No 66 thn 2013 tentang standar penilaian Permen_thn 2013 nomor 54 lampiran SKL tahun 2013, Panduan Penyusunan kurikulum ini jenjang pendidikan dasar dan menengah yang dikeluarkan oleh BSNP tahun 2006.

Penyusunan kurikulum ini merupakan kegiatan yang dilakukan sepenuhnya oleh pihak Madrasah bersama komite Madrasah, nara sumber, para guru dan pihak-pihak lain yang terkait dalam mengembangkan kurikulum operasional yang disesuaikan dengan kondisi daerah Madrasah dan aktualisasi kemampuan profesional guru dalam pengembangan kurikulum. Oleh karena itu, kurikulum ini perlu sekali disempurnakan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan tuntutan kebutuhan masyarakat.

Seiring dimulainya pemberlakuan Kurikulum Madrasah (KURMA) yakni gabungan Kurikulum KTSP untuk mata pelajaran Umum dan Kurikulum 2013 untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab pada Tahun Pelajaran 2018/2019 di Kelas VII, kelas VII dan kelas IX. Maka tentunya Program Kerja ini selain mengacu pada Kurikulum 2013, juga kami coba tuangkan hal-hal yang terkait dengan Kurikulum 2008 KTSP. 

Penyusunan Program Kerja Bidang Kurikulum merupakan upaya penting dan sangat strategis, sebab bidang kurikulum secara langsung terkait dengan proses pendidikan (pembelajaran) sebagai bagian terpenting dari keberadaan suatu sekolah. Tujuan disusunnya Program Kerja ini adalah diharapkan dapat bermanfaat antara lain sebagai berikut:
  1. Memberikan arah yang jelas dalam usaha mempersiapkan dan menyelenggarakan proses pembelajaran;
  2. Mengkondisikan personal yang bertugas sebagai tenaga guru maupun pembantu pelaksana penyelenggaraan pendidikan ;
  3. Memberikan kemudahan dalam mengidentifikasi hambatan-hambatan yang mungkin muncul dalam proses pembelajaran ;
  4. Dapat menjadi pedoman kerja dalam usaha mempersiapkan dalam pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah ;
  5. Merupakan dokumen penting yang menjadi acuan, rujukan, tolok ukur atau pegangan dalam upaya penyelenggaraan proses pembelajaran,
Adapun landasan hukum yang mendasari dalam penyusunan Program Kerja Kurikulum tahun pelajaran 2018/2019 adalah sebagai berikut ini:
  1. Undang-undang Republik Indonesia No. 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah.
  2. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2004 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi.
  5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.
  6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 24 tahun 2006 tentang Pelaksanaan Standar Isi.
  7. Program Kerja/Renstra MTs. NW Boro’Tumbuh Tahun Pelajaran 2018/2019.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini item program kerja Wakamad Kurikulum berupa Dokumen 1 yang terdiri:
  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. Kata Pengantar
  4. Daftar Isi
  5. Bab I, II, III, IV, V dan Lampiran 
Catatan: Bagi Bapak/Ibu yang ingin dikirimkan file tersebut, silahkan menghubungi Admin via WA: 081997666360
Demikian, semoga bermanfaat.
Labels: PROGRAM KERJA, WAKAMAD KURIKULUM

Thanks for reading Contoh Dokumen 1 Kurikulum 2013 (K-13) Tahun Pelajaran 2018/2019.. Please share...!

8 Comment for "Contoh Dokumen 1 Kurikulum 2013 (K-13) Tahun Pelajaran 2018/2019."

Asslmkm Wr.Wb, dengan hadirnya Blog ini semoga menjadiladang Amal. Aamiin...

Aamiin...semoga bermanfaat dalam dunia pendidikan.

semoga blog ini menjadi salah satu referensi bagi tenaga pendidik yang sedang mencari bahan administrasi sekolah

Jangan nyepam ya !

Back To Top